Simamora, Janner Pelanjani and Hutabarat, Naomi Isabella EDUKASI MASALAH GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PANGARIBUAN TAHUN 2023. EDUKASI MASALAH GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PANGARIBUAN TAHUN 2023, 5 (2). ISSN 2722-1083
EDUKASI MASALAH GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PANGARIBUAN TAHUN 2023.pdf
Download (583kB) | Preview
Abstract
Masalah gizi harus diperhatikan pada usia bayi dan balita, karena usiatersebutmerupakanmasatumbuhkembangyangoptimal(goldenperiod)terutama untuk pertumbuhan sehingga bila terjadi gangguan pada masa ini tidakdapatdipenuhi,padamasayangberikutnyaakanberpengaruhnegatifpadakualitas generasi penerus (Abiyoga & Setiyani, 2019). Masalah gizi pada balitadapat berdampak pada terganggunya pertumbuhan dan perkembangan anak sertasecara tidak langsung dapat menyebabkan balita memiliki zat gizi yang tidaksempurnasertaberkepanjanganyangberkaitandengankesehatananak,pertumbuhananak,penyakitinfeksidankecerdasananak. Sasarannya adalah ibu balitadi Wilayah Kerja Puskesmas Pangaribuan Kecamatan Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utarasebanyak30 ibu balita. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian adalah melaksanakan melakukan edukasi masalah gizi balita dan diskusi kemudian menyebarkan kuesioner kepada ibu.Hasil pengabdian disimpulkan bahwa pengetahuan ibu tentang gizi balita diposyandu pasar baik setelah diberikan pendikan kesehatan oleh tim pengabdi, dimana semua ibu menjawab dengan baik kuesioner setelah edukasi. Luaran dari pengabdian ini adalah menghasilkan jurnal nasional. Target pengabdian ini adalah pengetahuan ibu meningkat setelah dilakukan edukasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics |
Divisions: | Jurusan/Prodi Kebidanan Kemenkes Poltekkes Medan > Prodi D3 Kebidanan Tapanuli Utara > Karya Ilmiah Dosen D3 Kebidanan Tapanuli Utara > Jurnal Nasional Dosen D3 Kebidanan Tapanuli Utara |
Depositing User: | Naomi Isabella Hutabarat |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 04:34 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 04:34 |
URI: | https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/621 |