GAMBARAN PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA BERMAIN PUZZLE TERHADAP PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA SISWA/I KELAS V SD NEGERI 060811 MEDAN AREA

ISNAINI, ENI WAHYU (2023) GAMBARAN PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA BERMAIN PUZZLE TERHADAP PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI PADA SISWA/I KELAS V SD NEGERI 060811 MEDAN AREA. Diploma thesis, poltekkes kemenkes medan.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
Cover 1-14.pdf - Published Version

Download (896kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I 15-17.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of BAB II]
Preview
Text (BAB II)
BAB II 18-28.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III 29-32.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV 33-36.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V 37.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka 38-39.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Puzzle adalah model teka-teki yang memiliki bentuk menyusun
potongan-potongan gambar menjadi satu kesatuan yang utuh. Puzzle
merupakan permainan populer yang dinikmati anak-anak. Selain itu,
puzzle dapat digunakan untuk mempresentasikan hal-hal yang disukai
anak, seperti kartun, angka, buah-buahan, mobil, dan binatang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan
metode survei yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penyuluhan
menggunakan media bermain puzzle terhadap pengetahuan menyikat gigi
pada siswa/i kelas V SD Negeri 060811 Medan Area dengan jumlah
sampel sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui
kuesioner yang diisi oleh siswa/i kelas V SD Negeri 060811 Medan Area.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pengetahuan responden sebelum
diberikan penyuluhan menggunakan media bermain puzzle yang
mendapatkan kriteria baik sebanyak 0 orang (0%), kriteria sedang
sebanyak 6 orang (20%), dan kriteria buruk sebanyak 24 orang (80%).
Dan pengetahuan yang diperoleh sesudah diberikan penyuluhan
menggunakan media bermain puzzle yang mendapatkan kriteria baik
sebanyak 30 orang (100%), kriteria sedang sebanyak 0 orang (0%), dan
kriteria buruk sebanyak 0 orang (0%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah media bermain puzzle dapat
menarik minat responden dan dapat meningkatkan pengetahuan menyikat
gigi sehingga menyikat gigi dapat dilakukan dengan cara yang baik dan
benar.
Kata Kunci : Penyuluhan, Media bermain puzzle, Pengetahuan
menyikat gigi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan/Prodi Kesehatan Gigi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Kesehatan Gigi
Depositing User: Miss anita magang
Date Deposited: 12 Aug 2025 01:26
Last Modified: 12 Aug 2025 01:26
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/1853

Actions (login required)

View Item
View Item