HUTAHAEAN, TALENTA ANGELINA (2025) HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS LAGUBOTI. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.
![[thumbnail of COVER]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cov-Daftar Lampiran Talenta.pdf - Published Version
Download (548kB)
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I Talenta.pdf - Published Version
Download (185kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II Talenta.pdf - Published Version
Download (400kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III Talenta.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (230kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV Talenta.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (494kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V Talenta.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN TALENTA.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Pelayanan kefarmasian yang bermutu di Puskesmas merupakan salah satu kegiatan di Puskesmas yang berperan penting untuk menunjang pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Standar Pelayanan Kefarmasian adalah tolak ukur yang dipergunakan oleh tenaga kefarmasian dalam menyelenggarakan pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Laguboti.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional atau variabel dependen dan independen diukur pada satu waktu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di puskesmas laguboti. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling sebanyak 60 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, kemudian data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square (p-value <0.05).
Persentase kepuasan rata-rata seluruh dimensi sebanyak 83.79% dalam kategori puas. Penelitian ini membuktikan bahwa, nilai p-value tiap dimensi sebesar <0.001 yang memenuhi syarat nilai p-value yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0.05 (p-value <0.05). Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Laguboti.
Kata Kunci: tingkat kepuasan, pelayanan kefarmasian
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi |
Depositing User: | Basariah Basariah Basariah |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 07:58 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 07:58 |
URI: | https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/2784 |