BR GINTING, ICA MONIKA (2025) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS SIMPANG EMPAT KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN KARO. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.
![[thumbnail of COVER]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER- DAFTAR LAMPIRAN ICA.pdf - Published Version
Download (679kB)
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf - Published Version
Download (176kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II ICA.pdf - Published Version
Download (224kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III ICA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV ICA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (200kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V ICA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Kepuasan pasien merupakan suatu perasaan yang timbul akibat dari kinerja layanan
kesehatan yang didapatkan setelah pasien membandingkan dengan yang dirasakannya.
Pelayanan kefarmasian merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab
terhadap pasien yang berhubungan dengan sediaan farmasi untuk menambah mutu
kehidupan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Simpang Empat Kecamatan Simpang
Empat Kabupaten Karo
Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif melalui penyebaran
kuisioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien yang mendapatkan
pelayanan kefarmasian di Puskesmas Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat
Kabupaten Karo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Quota
Sampling. Besar sampel pada penelitian ini adalah 60 orang.
Hasil penelitian tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Simpang Empat secara
keseluruhan sebesar 79,29% dengan kategori puas, pada dimensi kehandalan sebesar
78,53% dengan kategori puas, dimesi daya tanggap sebesar 79,66% dengan kategori
puas, dimensi jaminan sebesar 81,46% dengan kategori puas, dimensi empati sebesar
80,6% dengan kategori puas dan dimensi bentuk fisik sebesar 76,2% dengan kategori
puas.
Kesimpulan dari Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di
Puskesmas Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo berdasarkan
pada lima dimensi secara keseluruhan sebesar 79,29% dengan kategori puas.
Kata kunci
: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi |
Depositing User: | Basariah Basariah Basariah |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 08:15 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 08:15 |
URI: | https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/2868 |