BR SINAGA, YOHANA DITA MARSELA (2025) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPTD PUSKESMAS PANGKALAN BUDIMAN SEI RAMPAH. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.
![[thumbnail of COVER]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Cover-lampiran.pdf - Published Version
Download (1MB)
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Bab l.pdf - Published Version
Download (115kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. Bab ll.pdf - Published Version
Download (126kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. Bab lll.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (140kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. Daftar pustaka..pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Kepuasan pasien merupakan tolak ukur penting dalam menilai kualitas pelayanan kefarmasian, karena mencerminkan kesesuaian antara harapan dan pelayanan yang diterima. Hal ini dilakukan karena pelayanan kefarmasian berperan
penting dalam keberhasilan terapi pasien, namun di lokasi tersebut masih ditemukan berbagai kendala, salah satunya adalah keterbatasan tenaga kefarmasian di Puskesmas, yang dapat mempengaruhi mutu pelayanan. Oleh karena itu, penting
untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien sebagai dasar evaluasi dan peningkatan mutu layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di UPTD Puskesmas Pangkalan Budiman Sei Rampah. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif dan data diolah secara distribusi frekuensi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pasien rawat
jalan yang mengambil obat pada bulan Januari 2025 sampai dengan Februari 2025 di yang ada di UPTD Puskesmas Pangkalan Budiman Sei Rampah. Sampel yang diambil secara consecutive sampling yaitu sebanyak 92 orang. Hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien rawat jalan di UPTD Puskesmas Pangkalan Budiman Sei Rampah menunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan terbesar yaitu dimensi bukti fisik sebanyak 85,6%, dimensi kehandalan sebanyak 75,6%, dimensi jaminan sebanyak 74%, dimensi empati sebanyak 73,5%, dan dimensi daya tanggap sebanyak 73,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien berada dalam kategori puas yaitu 76,46%, tingkat kepuasan dimensi daya tanggap kategori cukup puas, tingkat kepuas an dimensi kehandalan kategori cukup puas, tingkat kepuasan dimensi jaminan kategori cukup puas, tingkat kepuasan dimensi empati kategori cukup puas, tingkat kepuasan dimensi bukti fisik kategori puas.
Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan kefarmasian, Puskesmas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi |
Depositing User: | Basariah Basariah Basariah |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 08:39 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 08:39 |
URI: | https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/2890 |