TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KOTARIH KECAMATAN KOTARIH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

KEMBAREN, PETER WALDO S. KEMBAREN (2023) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KOTARIH KECAMATAN KOTARIH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
029 COVER.pdf - Published Version

Download (368kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (53kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (67kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan suatu perasaan yang timbul akibat dari kinerja
layanan kesehatan yang didapatkan setelah pasien membandingkan yang
dirasakannya. Pelayanan kefarmasian merupakan kegiatan yang terpadu dengan
tujuan untuk mengidentifikasi, mencegah dan menyelesaikan masalah obat dan
masalah yang berhubungan dengan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian Di
Puskesmas Kotarih, Kecamatan Kotarih, Kabupaten Serdang Bedagai terhadap
variabel kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan bukti fisik.
Penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif dengan menggunakan
kuesioner sebagai instrumen pengambilan data yang diberikan kepada 99
responden yang merupakan pasien yang dipilih dengan menggunakan metode
quota sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret sampai mei 2023.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat jalan di
Puskesmas Kotarih.
Hasil penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien pada dimensi kehandalan
sebesar 82,2% dengan kategori puas, daya tanggap sebesar 80,8% dengan
kategori puas, jaminan sebesar 82% dengan kategori puas, empati sebesar 88,8%
dengan kategori sangat puas, bukti fisik sebesar 76,7% dengan kategori cukup
puas.
Kesimpulan dari Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan
Kefarmasian di Puskesmas Kotarih pada lima dimensi secara keseluruhan
sebesar 82,2% dengan kategori puas.
Kata kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas
Daftar bacaan : 12 (2013 - 2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi
Depositing User: Basariah Basariah Basariah
Date Deposited: 12 Sep 2025 09:55
Last Modified: 12 Sep 2025 09:55
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/2902

Actions (login required)

View Item
View Item