SURVEI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT MURNI TEGUH MEDAN

MARPAUNG, YUSNITA PUTRI (2025) SURVEI KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT MURNI TEGUH MEDAN. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER-DAFLAM FIX.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (202kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (276kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS-LAMPIRAN_NEW_merged.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian memegang peran penting dalam mendukung mutu layanan di rumah sakit. Salah satu indikator keberhasilan pelayanan ini adalah tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Murni Teguh Medan.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain survei deskriptif. Lokasi penelitian berada di Rumah Sakit Murni Teguh Medan, dengan populasi penelitian mencakup seluruh pasien non-BPJS yang menerima pelayanan kefarmasian di instalasi tersebut. Jumlah sampel sebanyak 98 responden, yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui kuesioner berisi pernyataan dengan skala Likert. Penilaian kepuasan didasarkan pada lima variabel, yaitu bukti langsung, daya tanggap, jaminan, empati, dan kehandalan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian berdasarkan dimensi bukti fisik langsung mencapai 87,6% (sangat puas), daya tanggap 85,6% (puas), jaminan 85,7% (puas), empati 84,5% (puas), dan kehandalan 88,1% (sangat puas).
Berdasarkan hasil penelitian, secara keseluruhan tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Murni Teguh mencapai 86,3%, yang menunjukkan bahwa mayoritas pasien berada pada kategori sangat puas terhadap pelayanan kefarmasian yang diberikan.

Kata kunci : Pelayanan, Kefarmasian, Pasien, Rawat Jalan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi
Depositing User: Basariah Basariah Basariah
Date Deposited: 17 Sep 2025 08:27
Last Modified: 17 Sep 2025 08:27
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3141

Actions (login required)

View Item
View Item