TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPT PUSKESMAS BROMO KECAMATAN MEDAN DENAI

KARTIKA ULINA, KARTIKA ULINA (2022) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPT PUSKESMAS BROMO KECAMATAN MEDAN DENAI. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
018 KARTIKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of BAB II]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepuasan merupakan bagian penting dalam pelayanan kefarmasian sebab
kepuasan pasien menjadi tujuan pelayanan kefarmasian yang berguna untuk
meningkatan mutu kehidupan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat
kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Bromo
Kecamatan Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. lokasi penelitian Di UPT
Puskesmas Bromo. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pasien yang
mengambil obat di Apotek Puskesmas Bromo. Sampel penelitian ini adalah 86
responden dari menggunakan rumus. Metode pengumpulan data dalam bentuk
pernyataan skala Likert. metode pengukuran berdasarkan lima variabel bukti fisik,
jaminan, kehandalan, empati, daya tangkap.
Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien berdasarkan bukti fisik
adalah 74,79% (Puas), jaminan adalah 84,88% (Puas), kehandalan adalah
75,39% (Puas), empati adalah 75,48% (Puas), dan daya tangkap 76,27% (Puas).
Dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan
kefarmasian di Apotek Puskesmas Bromo yakni 76,74% (Puas) yang menunjukan
bahwa secara keseluruhan pasien merasakan puas terhadap pelayanan yang
diberikan.
Kata kunci : Kepuasan, Pasien, Pelayanan, Kefarmasian, Puskesmas
Daftar bacaan : 16 (2014-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi
Depositing User: Basariah Basariah Basariah
Date Deposited: 09 Oct 2025 04:21
Last Modified: 09 Oct 2025 04:21
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3824

Actions (login required)

View Item
View Item