GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPT PUSKERMAS TERJUN KEC MEDAN MARELAN

INTAN QANITA, INTAN QANITA (2025) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPT PUSKERMAS TERJUN KEC MEDAN MARELAN. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of CAVER]
Preview
Text (CAVER)
01 KTI INTAN QANITA Cover sd Daftar Lampiran - Copy.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
02 KTI-INTAN QANITA - Bab I.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of BAB II]
Preview
Text (BAB II)
03 KTI-INTAN QANITA - Bab II.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
04 KTI-INTAN QANITA - Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
05 KTI-INTAN QANITA - Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
06 KTI-INTAN QANITA - Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 KTI-INTAN QANITA - Daftar Pustaka sd Lampiran.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pelayanan kefarmasian adalah kegiatan terpadu yang bertujuan untuk
mendiagnosis, mencegah, dan menyelesaikan masalah obat dan kesehatan.
Kualitas pelayanan kefarmasian yang baik bisa dilihat dari tingkat kepuasan
pasien. Pelayanan kefarmasian di puskesmas ialah hal yang tidak bisa
terpisahkan dalam melakukan upaya kesehatan. Dan berperan penting dalam
meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat. Kepuasan pasien
merupakan suatu perasaan pasien yang timbul akibat dari kinerja layanan
kesehatan yang didapatkan setelah pasien membandingkan yang dirasakannya.
Kinerja layanan kesehatan yang diperoleh sama ataupun lebih dari harapan
pasien, maka pasien akan merasa puas. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian
di UPT Puskesmas Terjun Medan Marelan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan
deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 82 orang dengan teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah probability sampling yaitu simple random
sampling, dengan menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui penyebaran kuisioner dalam bentuk pernyataan Skala Likert.
Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap
pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Terjun Medan Marelan berdasarkan
dimensi Ketanggapan sebesar 2,97, dimensi Kehandalan sebesar 2,89, dimensi
jaminan sebesar 3,17, dimensi empati sebesar 3,18, dan dimensi bukti langsung
sebesar 2,75.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien terhadap
pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Terjun Medan Marelan berdasarkan 5
dimensi adalah 2,99 dengan kategori puas.
Kata kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi
Depositing User: Basariah Basariah Basariah
Date Deposited: 09 Oct 2025 07:57
Last Modified: 09 Oct 2025 07:57
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3858

Actions (login required)

View Item
View Item