TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS DESA LINGGA TIGA, KECAMATAN BILAH HULU, KABUPATEN LABUHANBATU

NITA ANGGREYLINA, NITA ANGGREYLINA (2021) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS DESA LINGGA TIGA, KECAMATAN BILAH HULU, KABUPATEN LABUHANBATU. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
064 NITA.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of BAB II]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pasien merupakan indikator utama keberhasilan pemberian
pelayanan kesehatan. Pasien akan merasa puas apabila kinerja layanan
kesehatan yang diperoleh sama atau melebihi harapan.Tujuan dilakukan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kepuasan Pasien Rawat Jalan
terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Desa Lingga Tiga, Kecamatan
Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini
seluruh pasien yang mengambil obat di Puskesmas desa lingga tiga. Sampel
penelitian yang diambil secara quota sampling yaitu sebanyak 30 orang.
Hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien di puskesmas desa lingga
tiga menunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan terbesar yaitu dimensi
kehandalan sebanyak 78,2%, dimensi jaminan sebanyak 77,2%, dimensi daya
tanggap 76,2%, dimensi bukti fisik 75%, dan terakhir yaitu dimensi empati
sebanyak 74%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien berada
dalam kategori puas, tingkat kepuasan dalam dimensi daya tanggap kategori
puas, tingkat kepuasan dalam dimensi daya kehandalan kategori puas, tingkat
kepuasan dalam dimensi jaminan kategori puas, tingkat kepuasan dalam dimensi
empati kategori cukup puas puas, tingkat kepuasan dalam dimensi bukti fisik
kategori cukup puas.
Kata kunci : Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas
Daftar Bacaan : 15 (2009-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi
Depositing User: Basariah Basariah Basariah
Date Deposited: 29 Oct 2025 11:25
Last Modified: 29 Oct 2025 11:25
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/4219

Actions (login required)

View Item
View Item