TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN PADA PUSKESMAS HILIWETO GIDO

KRISTWENA TIARA SANI WARUWU, KRISTWENA TIARA SANI WARUWU (2021) TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN PADA PUSKESMAS HILIWETO GIDO. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
098 KRISTWENA.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of BAB II]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pasien merupakan penilaian pasien setelah merasakan
pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh petugas kesehatan
dibandingkan dengan harapan pasien. pelayanan kefarmasian adalah
suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang
berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang
pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Kualitas pelayanan yang
baik merupakan salah satu faktor penting dalam usaha menciptakan
kepuasan konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif, pengambilan
sampel dengan cara metode purposive sampling dengan jumlah populasi
sebanyak 249 dan jumlah sampel sebanyak 71 orang responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kepuasan masyarakat
terhadap dimensi daya tangkap (82,87%), dimensi kehandalan (80,11%),
selanjutnya pada dimensi jaminan (79,94%), dimensi kepedulian (79,66%),
kemudian terakhir pada dimensi bukti fisik (76,56%).
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat diambil
kesimpulan bahwa rata-rata tingkat kepuasan masyarakat terhadap
pelayanan kefarmasian pada Puskesmas Hiliweto Gido secara
keseluruhan sebesar 79,83% dengan klasifikasi kepuasan adalah puas.
Kata Kunci : Kepuasan pasien, Pelayanan kefarmasian, Puskesmas
Hiliweto Gido
Daftar Bacaan : 16 (2009-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi
Depositing User: Basariah Basariah Basariah
Date Deposited: 29 Oct 2025 15:29
Last Modified: 29 Oct 2025 15:29
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/4245

Actions (login required)

View Item
View Item