PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ORIGAMI TERHADAP PENINGKATAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AN-NIZAM MEDAN DENAI TAHUN 2024

Inda, Ramadhani (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ORIGAMI TERHADAP PENINGKATAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AN-NIZAM MEDAN DENAI TAHUN 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of cover] Text (cover)
SKRIPSI INDA COVER.pdf - Published Version

Download (822kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
SKRIPSI INDA BAB 1.pdf - Published Version

Download (297kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
SKRIPSI INDA BAB 2.pdf - Published Version

Download (297kB)
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
SKRIPSI INDA BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
SKRIPSI INDA BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
SKRIPSI INDA BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of daftar pustaka dan lampiran] Text (daftar pustaka dan lampiran)
SKRIPSI INDA DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Motorik halus merupakan gerakan yang menggunakan otot halus atau bagian tubuh tertentu, dipengaruhi oleh kesempatan belajar, berlatih dan juga keterampilan pada anak. Keterampilan motorik halus melibatkan koordinasi antara saraf dan otot polos. Origami adalah suatu seni dalam melipat kertas yang bisa menghasilkan berbagai macam bentuk mainan. Media Pembelajaran origami atau melipat kertas bisa menstimulus atau melatih perkembangan motorik halus supaya anak bisa lebih terampil dalam membuat lipatan serta bentuk yang dicontohkan oleh practitioner. Jenis penelitian ini adalah Pra Eksperimen (Pra Eksperimen) Design. Dalam desain eksperimen ini tidak adanya kelompok kontrol (kelas kontrol) dan tidak dipilih secara random. Penelitian menggunakan Pre-Eksperimental Design dengan rancangan/jenis One Group Pretest Post test uji wilcoxon didapatkan nilai -value 0,000 (0,05). Sehingga dapat diartikan bahwa ada pengaruh media pembelajaran origami terhadap motorik halus pada anak usia 5-6 tahun. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk lebih melatih keterampilan motorik halus anak dengan origami dengan berbagai macam bentuk lipatan agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Kata kunci : Motorik Halus, Media Origami

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Jurusan/Prodi Kebidanan Kemenkes Poltekkes Medan > Jurusan Kebidanan Medan > Sripsi/LTA Mahasiswa Prodi D4 Kebidanan Medan
Depositing User: Miss ester magang
Date Deposited: 05 Aug 2025 05:05
Last Modified: 05 Aug 2025 05:05
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item
View Item