PENGARUH EDUKASI KESEHATAN GIGI DENGAN MEDIA MENEMPEL GAMBAR (DENTAL STORY STICKER) TERHADAP PENGETAHUAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA/I KELAS IV MIN 8 LANGKAT

Nellvi, Nellvi (2025) PENGARUH EDUKASI KESEHATAN GIGI DENGAN MEDIA MENEMPEL GAMBAR (DENTAL STORY STICKER) TERHADAP PENGETAHUAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA SISWA/I KELAS IV MIN 8 LANGKAT. Diploma thesis, POLTEKKES KEMENKES MEDAN.

[thumbnail of cover] Text (cover)
COVER - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (952kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (457kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version

Download (696kB)
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[thumbnail of daftar pustaka-lampiran] Text (daftar pustaka-lampiran)
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN .pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of turnitin] Text (turnitin)
turnitin KTI Nellvi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (988kB)

Abstract

Masalah kesehatan gigi dan mulut menjadi perhatian penting, terutama pada anak sekolah dasar yang rentan terhadap penyakit seperti karies dan radang gusi, faktor yang mempengaruhinya adalah tingkat pengetahuan anak mengenai kebersihan gigi dan mulut. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar dengan pemberian edukasi kebersihan gigi dan mulut yang menarik dan mudah dipahami seperti media menempel gambar(dental story sticker).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan gigi menggunakan media menempel gambar (dental story sticker) terhadap peningkatan pengetahuan siswa/i kelas IV MIN 8 Langkat. Metode dalam penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan melakukan pretest
posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 40 siswa/i.
Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukan edukasi sebesar 7,60 dan sesudah dilakukan edukasi sebesar 14,85.
Simpulan dari penelitian ini ada pengaruh pengetahuan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukan edukasi menggunakan media menempel gambar (dental story sticker) sebesar 0.000 (P < 0,05).
Kata kunci :Dental Story Sticker, Edukasi Kesehatan Gigi,
Pengetahuan Gigi dan Mulut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan/Prodi Kesehatan Gigi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Kesehatan Gigi
Depositing User: mrs librarian terpadu
Date Deposited: 02 Sep 2025 03:53
Last Modified: 02 Sep 2025 03:53
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/2569

Actions (login required)

View Item
View Item