Setia Nofa Putra, Gea (2024) Hubungan Response Time Dengan Kepuasan Pasien Di IGD RSU Bethesda Gunungsitoli. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.
![[thumbnail of Cover]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KTI SETIA NOVA PUTRA GEA-1-13.pdf - Published Version
Download (619kB)
![[thumbnail of Bab I]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KTI SETIA NOVA PUTRA GEA-14-19.pdf - Published Version
Download (291kB)
![[thumbnail of Bab II]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KTI SETIA NOVA PUTRA GEA-20-32.pdf - Published Version
Download (431kB)
![[thumbnail of Bab III]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KTI SETIA NOVA PUTRA GEA-33-38.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (469kB)
![[thumbnail of Bab IV]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KTI SETIA NOVA PUTRA GEA-39-48.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
![[thumbnail of Bab V]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KTI SETIA NOVA PUTRA GEA-49-50.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (278kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka,dll]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KTI SETIA NOVA PUTRA GEA-51-86.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Response time adalah kecepatan pelayanan rumah sakit yang dapat memberikan keyakinan pada pelanggan agar selalu menggunakan jasa pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut. Kepuasan merupakan sejauh mana suatu tingkatan produk dipersepsikan sesuai dengan harapan pembeli kepuasan konsumen diartikan sebagai suatu keadaan dimana harapan pasien terhadap suatu produk sesuai dengan kenyataan yang diterima oleh pasien. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan response time dengan kepuasan pasien di IGD rumah sakit umum Bethesda Gunungsitoli tahun 2024.
Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling dengan jumlah sampel 96 orang, yang berkunjung di unit gawat darurat rumah sakit umum Bethesda Gunungsitoli tahun 2024. Alat ukur yang digunakan lembar observasi dan kuesioner. Analisa data menggunkan analisa univariat dan bivariate dengan uji rank spearman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa responden yang memiliki response time cepat sebanyak 71 orang ( 74%) dan memiliki response time lambat sebanyak 25 orang ( 26%), Sedangkan responden yang memilki tingkat kepuasan pasien puas sebanyak 61 orang ( 64%) dan memiliki tingkat kepuasan pasien cukup puas sebanyak 35 orang ( 36%). Hasil uji rank spearman di peroleh nilai p value = 0,000 (p < 0,05) dengan nilai koefisien korelasi (r)= 0,783 yang menunjukan tingkat kekuatan hubungan kuat. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya hubungan anatara response time dengan kepuasan pasien di IGD rumah sakit umum Bethesda Gunungsitoli tahun 2024.
Kata Kunci : Response time, Kepuasan pasien, Instalasi gawat darurat
Daftar bacaan : 43 ( 2010-2022)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Jurusan/Prodi Keperawatan Kemenkes Poltekkes Medan > Prodi D3 Keperawatan Nias > KTI Mahasiswa D3 Keperawatan Nias |
Depositing User: | Riati Nazara S.Kep |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 08:27 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 08:27 |
URI: | https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/2587 |