GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPT PUSKESMAS BINANGA, KECAMATAN BARUMUN TENGAH, KABUPATEN PADANG LAWAS

HARAHAP, NELLY AGUSTINA HARAHAP (2024) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPT PUSKESMAS BINANGA, KECAMATAN BARUMUN TENGAH, KABUPATEN PADANG LAWAS. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
062 CVR.pdf - Published Version

Download (546kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (141kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (98kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS.pdf - Published Version

Download (945kB)

Abstract

Kepuasan pasien sarana kesehatan merupakan suatu perasaan pasien
yang timbul akibat dari kinerja layanan kesehatan yang didapatkan pasien.
Kinerja layanan kesehatan yang diperoleh sama atau pun lebih dari harapan
pasien, maka pasien akan merasa puas. Kepuasan pasien merupakan salah
satu indikator keberhasilan dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada
masyarakat. Kepuasan pelayanan kesehatan tercapai jika yang didapatkan
pasien melebihi harapannya. Berdasarkan data rekapan jumlah pasien perbulan
sekitar 810, jumlah petugas tenaga farmasi sebanyak 2 orang sehingga
kemungkinan resep yang masuk akan mempengaruhi kepuasan pasien tidak
maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Tingkat
Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di UPT
Puskesmas Binanga, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas.
Metode yang digunakan survey deskriptif dengan menggunakan
kuesioner sebagai instrumen pengambilan data yang diberikan kepada 100
responden yang merupakan pasien rawat jalan yang dipilih dengan
menggunakan metode quota sampling.
Hasil penelitian gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap
pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Binanga pada dimensi ketanggapan
90,25% (sangat puas), kehandalan sebesar 76,5% (puas), jaminan sebesar
90,25% (sangat puas), empati sebesar 90,25% (sangat puas), dan pada dimensi
bukti fisik sebesar 77,5% (puas).
Kesimpulan gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap
pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Binanga secara keseluruhan sebesar
84,95% (sangat puas).
Kata Kunci : Kepuasan pasien, Pelayanan Kefarmasian
Bacaan : 17 (2002-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi
Depositing User: Basariah Basariah Basariah
Date Deposited: 14 Sep 2025 07:50
Last Modified: 14 Sep 2025 07:50
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/2931

Actions (login required)

View Item
View Item