HARAHAP, NELLY AGUSTINA HARAHAP (2024) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPT PUSKESMAS BINANGA, KECAMATAN BARUMUN TENGAH, KABUPATEN PADANG LAWAS. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.
![[thumbnail of COVER]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
062 CVR.pdf - Published Version
Download (546kB)
![[thumbnail of BAB I]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf - Published Version
Download (141kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf - Published Version
Download (98kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFPUS.pdf - Published Version
Download (945kB)
Abstract
Kepuasan pasien sarana kesehatan merupakan suatu perasaan pasien
yang timbul akibat dari kinerja layanan kesehatan yang didapatkan pasien.
Kinerja layanan kesehatan yang diperoleh sama atau pun lebih dari harapan
pasien, maka pasien akan merasa puas. Kepuasan pasien merupakan salah
satu indikator keberhasilan dalam pemberian pelayanan kesehatan kepada
masyarakat. Kepuasan pelayanan kesehatan tercapai jika yang didapatkan
pasien melebihi harapannya. Berdasarkan data rekapan jumlah pasien perbulan
sekitar 810, jumlah petugas tenaga farmasi sebanyak 2 orang sehingga
kemungkinan resep yang masuk akan mempengaruhi kepuasan pasien tidak
maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Tingkat
Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di UPT
Puskesmas Binanga, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas.
Metode yang digunakan survey deskriptif dengan menggunakan
kuesioner sebagai instrumen pengambilan data yang diberikan kepada 100
responden yang merupakan pasien rawat jalan yang dipilih dengan
menggunakan metode quota sampling.
Hasil penelitian gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap
pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Binanga pada dimensi ketanggapan
90,25% (sangat puas), kehandalan sebesar 76,5% (puas), jaminan sebesar
90,25% (sangat puas), empati sebesar 90,25% (sangat puas), dan pada dimensi
bukti fisik sebesar 77,5% (puas).
Kesimpulan gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap
pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Binanga secara keseluruhan sebesar
84,95% (sangat puas).
Kata Kunci : Kepuasan pasien, Pelayanan Kefarmasian
Bacaan : 17 (2002-2022)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi |
Depositing User: | Basariah Basariah Basariah |
Date Deposited: | 14 Sep 2025 07:50 |
Last Modified: | 14 Sep 2025 07:50 |
URI: | https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/2931 |