Harahap, Irtiah Zahra (2025) PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL TENTANG CUCI TANGAN PAKAI SABUN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PADA SISWA UPT SD NEGERI 066666 MEDAN. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.
COVER-DAFTAR LAMPIRAN IRTIAH.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
BAB I REPOSITORY IRTIAH.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
BAB II KTI REPSITORY IRTIAH.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
BAB III KTI REPOSITORY IRTIAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (535kB)
BAB IV KTI REPOSITORY IRTIAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
BAB V KTI REPOSITORY IRTIAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN KTI REPOSITORY IRTIAH.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES MEDAN
JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN KABANJAHE
KARYA TULIS ILMIAH, JUNI 2025
IRTIAH ZAHRA HARAHAP
“PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL
TENTANG CUCI TANGAN PAKAI SABUN TERHADAP PENINGKATAN
PENGETAHUAN SISWA DI UPT SD NEGERI 066666 MEDAN TAHUN
2025”
XV+ 50 Halaman + Daftar Pustaka + 26 Lampiran
ABSTRAK
Cuci tangan pakai sabun adalah salah satu bentuk perilaku dasar
dari sanitasi jari yang paling sederhana dan sangat efektfif dalam mencegah
penyebaranpenyaakit menular. Namun, pengetahuan tentang cuci tangan
pakai sabun yang baik dan benar masih kurang dipahami dan diketahui
dikalangan siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penyuluhan menggunakan media audio visual terhadap
peningkatan pengetahuan siswa kelas IV dan V UPT SD Negeri 066666
Medan tentang cuci tangan pakai sabun. Metode yang digunakan adalah
quasi- experiment dengan desain one group pretests posttest. Sampel pada
penelitian ini berjumlah 40 siswa yang dipilih menggunakan purposive
sampling. Data dikumpulkan melalui kuisoner pretest dan posttest yang
terdiri daari 20 kuisoner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan pengetahuan secara signifikan setelah diberikan penyuluhan.
Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang memiliki tingkat pengetahuan kategori
baik dengan selisih sebesar (42,5%), dari 52,5% sebelum dilakukan
penyuluhan menjadi 95% setelah dilakukan penyuluhan. Jumlah siswa
dengan tingkat pengetahuan kategori cukup mengalami penurunan
sebanyak (27,5%) dari 32,5 % sebelum dilakukan penyuluhan menjadi 5 %
setelah dilakukan penyuluhan dan kategori kurang menurun sebanyak
(15%) sebelum dilakukan penyuluhan menjadi 0 % setelah dilakukan
penyuluhan sehingga tidak ada siswa yang masuk dalam kategori kurang.
Uji statistik paired t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05),
yang berarti terdapat pengaruh signifikan penyuluhan dengan media audio
visual terhadap peningkatan pengetahuan siswa. Disimpulkan bahwa
media audio visual efektif sebagai metode edukasi kesehatan. Disarankan
agar sekolah dan instansi kesehatan terus mengembangkan kualitas video
dan audio, serta membuat variasi materi yang menarik dan sesuai usia
serta tingkat pemahaman siswa untuk meningkatkan pengetahuan siswa
secara optimal dan berkelanjutan.
Kata kunci: Cuci Tangan Pakai Sabun, Penyuluhan, Audio
Visual, Pengetahuan, Sekolah DasarF
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
| Divisions: | Jurusan/Prodi Sanitasi(Kesehatan Lingkungan) Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Prodi D3 Sanitasi/Kesehatan Lingkungan |
| Depositing User: | Mahdalena Mahdalena Br Tarigan |
| Date Deposited: | 16 Sep 2025 03:22 |
| Last Modified: | 24 Sep 2025 02:00 |
| URI: | https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3011 |
