HASIBUAN, ANGGI RUMONDANG (2025) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI UPT PUSKESMAS BINANGA. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.
![[thumbnail of COVER]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER ANGGI.pdf - Published Version
Download (478kB)
![[thumbnail of BAB I ANGGI .pdf]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I ANGGI .pdf - Published Version
Download (182kB)
![[thumbnail of BAB II]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II ANGGI.pdf - Published Version
Download (292kB)
![[thumbnail of BAB III]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III ANGGI .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
![[thumbnail of BAB IV]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV ANGGI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (286kB)
![[thumbnail of BAB V]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V ANGGI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](https://repository.poltekkes-medan.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN (1).pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Pelayanan kefarmasian merupakan bagian penting dalam sistem pelayanan kesehatan karena berperan langsung dalam memastikan penggunaan obat yang aman dan tepat oleh pasien. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian menjadi indikator penting dalam menilai mutu layanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Binanga. Pemilihan lokasi didasarkan pada kurangnya tenaga vokasi kefarmasian yang bertugas dan kurangnya fasilitas di UPT Puskemas Binanga.
Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei di UPT Puskesmas Binanga. Sebanyak 99 responden dipilih menggunakan teknik quota sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert berdasarkan lima dimensi SERVQUAL, yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Data dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase.
Hasil Penelitain tentang kepuasan pasien pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Binanga menunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan per dimensi adalah: Empati sebesar 86,04% (sangat puas), Kehandalan sebesar 84,4% (puas), Jaminan sebesar 83,4% (puas), Daya tanggap sebesar 82,44% (puas), dan Bukti fisik sebesar 79,64% (puas).
Dapat disimpulkan, rata-rata Tingkat kepuasan pasien secara keseluruhan berdasarkan lima dimensi terhadap pelayanan kefarmasian yaitu 83,18% dan masuk dalam kategori puas. Pelayanan kefarmasian di UPT Puskesmas Binanga telah memuaskan pasien, terutama dalam hal perhatian, kesopanan, dan kemampuan komunikasi petugas. Namun, aspek fasilitas fisik seperti ruang tunggu, kebersihan, dan kenyamanan masih perlu ditingkatkan agar mutu pelayanan dapat terus berkembang dan memenuhi harapan pasien secara menyeluruh.
Kata kunci: kepuasan, pasien, pelayanan kefarmasian, puskesmas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi |
Depositing User: | Basariah Basariah Basariah |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 07:56 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 08:05 |
URI: | https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3072 |