Ginting, Christin Natalia (2023) Hubungan Response Time Kegawatdaruratan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Keliat Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Diploma thesis, Poltekkes Kemnkes Medan.
COVER.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
BAB 1.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
BAB 2.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (349kB)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (364kB)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Latar Belakang : Instalasi Gawat Darurat (IGD) berperan menjadi pintu masuk utama untuk penanganan masalah gawat darurat serta kasus lainnya.Penanganan setiap pasien yang datang ke Instalasi Gawat Darurat memiliki response time yang berbeda-beda. Salah satu tujuan dalam pelayanan di rumah sakit adalah kepuasan pasien baik itu pasien maupun keluarga. Ketidakpuasan pasien bersifat multidimensi mencakup manajemen, kualitas perawatan gawat
darurat dan hubungan antara pasien dan petugas Instalasi Gawat Darurat. Meningkatnya kunjungan di Instalasi Gawat Darurat menunjukkan salah satu permasalahan dalam pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan response time kegawatdaruratan dengan tingkat
kepuasan pasien.Tujuan : Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan response timekegawatdaruratan dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat
Rumah Sakit Umum Keliat Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang.Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif analitik dan menggunakan desain penelitian cross
sectional. Populasi sebanyak 2.130 responden dengan 43 responden menggunakan teknik Accidental Sampling. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji Spearman Rank Correlaction. Hasil : Hasil uji statistic spearman rank rho diketahui p value 0,000 atau <0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada hubungan response time
dengan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Keliat, serta nilai korelasi (r) sebesar 0,929 yang menunjukkan kekuatan hubungannya dapat dikategorikan hubungan sangat kuat.
Kesimpulan : Diharapkan perawat patuh dalam pemberian pelayanan dengan baik, dan dapat melakukan disiplin kerja sesuai dengan Standar Rumah Sakit.
Kata Kunci : Response Time, Kepuasan Pasien, Instalasi Gawat Darurat
Daftar Bacaan : 37 (2016-2022)
i
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
| Divisions: | Jurusan/Prodi Keperawatan Kemenkes Poltekkes Medan > Jurusan Keperawatan Medan > Skripsi/LTA Mahasiswa Prodi D4 Keperawatan Medan |
| Depositing User: | Ribta Barus Barus |
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 02:28 |
| Last Modified: | 02 Oct 2025 02:28 |
| URI: | https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3631 |
