Gambaran Penyuluhan Tentang Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Metode Ceramah dan Media Puzzle Terhadap Pengetahuan pada Siswa/i SD Negeri 054875 Kabupaten Langkat Tahun 2024

Br. Sianipar, Thrya Annisa (2024) Gambaran Penyuluhan Tentang Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Metode Ceramah dan Media Puzzle Terhadap Pengetahuan pada Siswa/i SD Negeri 054875 Kabupaten Langkat Tahun 2024. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of cover]
Preview
Text (cover)
THRYA ANNISA BR SIANIPAR COVER.pdf - Published Version

Download (820kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
THRYA ANNISA BR SIANIPAR BAB I.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of Bab II]
Preview
Text (Bab II)
THRYA ANNISA BR SIANIPAR BAB II.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
THRYA ANNISA BR SIANIPAR BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
THRYA ANNISA BR SIANIPAR BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
THRYA ANNISA BR SIANIPAR BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
THRYA ANNISA BR SIANIPAR DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut merupakan salah satu
upaya dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Menurut (WHO) (2018), menyatakan kesehatan gigi dan mulut adalah indikator utama kesehatan secara keseluruhan, kesejahteraan, dan kualitas hidup sebesar 57,6℅ yang mendapatkan pelayanan dari tenaga medis gigi sebesar 10,2℅ adapun perilaku menyikat gigi dengan benar adalah 2,8% .
Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan metode survey yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan anak tentang menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan metode ceramah dan media puzzle.dengan sampel sebanyak 30 siswa. Dimana sampel di bagi
2 kelompok,15 siswa menggunakan metode ceramah, dan 15 siswa
dengan media puzzle, hasilnya adalah diperoleh 12 siswa (80%) dengan kriteria baik, 3 aiswa (20%) dengan kriteria sedang dan 2 siswa (13,3%) dengan kriteria buruk. setelah diberikan penyuluhan dengan metode ceramah.
Hasil yang diperoleh menggunakan media puzzle adalah 11 siswa /i (73,3%) dengan kriteria baik, 2 siswa (13,3%) dengan kriteria sedang dan 2 siswa (13,3%) dengan kriteria buruk. Setelah diberikan penyuluhan dengan media puzzle diperoleh pengetahuan kriteria yang baik sebanyak 15 siswa (100%), sedangkan untuk kriteria sedang dan buruk tidak ada.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah jika dibandingkan antara metode ceramah dan media puzzle, siswa/i lebih paham dan mengerti terhadap kegiatan media puzzle. sebab, media puzzle lebih menarik karena terdapat gambar tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut sehingga bermanfaat bagi anak untuk menambah pengetahuan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.
Kata Kunci : Metode Ceramah dan Media Puzzle
Daftar Pustaka : 15 (2017 – 2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan/Prodi Kesehatan Gigi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Kesehatan Gigi
Depositing User: sikumbang ayu febrina
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:18
Last Modified: 03 Oct 2025 03:18
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item
View Item