KARYA TULIS ILMIAH EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KOTA MATSUM

MARIA CESLIA, MARIA CESILIA (2025) KARYA TULIS ILMIAH EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KOTA MATSUM. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
COVER_MARIA CESILIA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I_MARIA CESILIA .pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of BAB II]
Preview
Text (BAB II)
BAB II_MARIA CESILIA.pdf - Published Version

Download (787kB) | Preview
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III_MARIA CESILIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV_MARIA CESILIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V_MARIA CESILIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN_MARIA CESILIA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pelayanan kefarmasian menjadi indikator penting dalam menilai mutu pelayanan kesehatan. Pelayanan kefarmasian merupakan interaksi langsung antara tenaga farmasi dan pasien dalam penyediaan pelayanan dan informasi obat, Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kota Matsum.
Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dengan desain penelitian ini dilakukan desain Deskriptif. pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel non-acak (non-probability) yang dilakukan dengan memilih responden secara sengaja berdasarkan kriteria atau tujuan tertentu yang sudah ditetapkan peneliti.
Hasil penelitian yaitu bukti fisik sebesar 88,8%, kehandalan sebesar 80,7%, Daya tanggap sebesar 77,9%, Jaminan sebesar 78,9%, Empati sebesar 79,1%, kepuasan rata-rata seluruh dimensi sebesar 81,07%.
Kesimpulan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Kota Matsum secara ke seluruhan sebesar 81,07% dengan Kategori Puas.

Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi
Depositing User: Basariah Basariah Basariah
Date Deposited: 03 Oct 2025 08:38
Last Modified: 03 Oct 2025 08:38
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item
View Item