Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Gambir Baru Kisaran

BR PANE, TOGINA ELISABET BR PANE (2022) Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Gambir Baru Kisaran. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
144 TOGINA.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of BAB II]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan kefarmasian Puskesmas merupakan salah satu kegiatan di
Puskesmas yang berperan penting untuk menunjang pelayanan kesehatan bagi
masyarakat yang bermutu. Standar Pelayanan Kefarmasian adalah tolok ukur
yang dipergunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam
menyelenggarakan pelayanan kefarmasian. Kualitas pelayanan kefarmasian
sangat penting untuk dilakukan sesuai dengan standar yang ada, hal ini dapat
menimbulkan kepuasan dari pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di
Puskesmas Gambir Baru Kisaran.
Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif melalui penyebaran
kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien JKN
(BPJS,KIS,ASKES) dan umum yang berobat di Puskesmas Gambir Baru
Kisaran. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Quota Sampling.
Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan terbesar
yaitu pada dimensi ketanggapan dan jaminan memiliki skor yang sama yaitu
sebanyak 83,60% dengan kategori puas, dimensi empati 83,52%dengan
kategori puas, dimensi kehandalan 80,68% dengan kategori puas, dan dimensi
bukti fisik 76,60%dengan kategori puas.
Kesimpulan dari penelitian ini yang berdasarkan 5 dimensi kualitas
pelayanan adalah puas dengan persentase sebanyak 81,60% dengan kategori
puas.
Kata kunci : Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas
Daftar Bacaan : 16 (2009-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi
Depositing User: Basariah Basariah Basariah
Date Deposited: 22 Oct 2025 09:22
Last Modified: 22 Oct 2025 09:22
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item
View Item