SIPAYUNG, NOVY AGUSTIANY SIPAYUNG (2021) GAMBARAN PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS SINASIH KEC. SILOU KAHEAN KAB. SIMALUNGUN TAHUN 2021. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.
103 NOVY.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
BAB II.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (65kB)
DAFPUS.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pelayanan
bertanggung
Kefarmasian adalah
jawab
kepada
suatu pelayanan langsung
pasien
dan
yang
berkaitan
dengan
sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan
mutu kehidupan pasien. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengetahuan sikap dan tindakan pasien terhadap pelayanan
kefarmasian di Puskesmas Sinasih.
Metode penelitian ini menggunakan survey deskriptif, populasi dan
sampel pada penelitian ini sebanyak 68 responden yang terdiri dari wanita dan
pria pasien yang menerima pelayanan kefarmasian di puskesmas Sinasih.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pengetahuan pasien
terhadap pelayanan kefarmasian baik sebanyak 34 responden, cukup baik 28
responden, kurang baik 6 responden dan tidak baik 0 responden dengan total
skor 561. Untuk sikap pada kategori baik sebanyak 28 responden, cukup baik 40
responden, kurang baik 0 responden dan tidak baik 0 responden dengan total
skor 2.023. Untuk tindakan pada kategori baik sebanyak 36 responden, cukup
baik 28 responden, kurang baik 4 responden dan tidak baik 0 responden dengan
total skor 509.
Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat pengetahuan pasien terhadap
pelayanan kermasian di puskesmas adalah baik (82,5%), untuk tingkat sikap
pasien terhadap pelayanan kefarmasian adalah cukup baik (74,3%) dan untuk
tindakan pasien terhdap pelayanan kefarmasian adalah cukup baik (74,8%).
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Pelayanan Kefarmasian.
Daftar Baca : 15 (2001-2019)
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
| Divisions: | Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi |
| Depositing User: | Basariah Basariah Basariah |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 15:46 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 15:46 |
| URI: | https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/4249 |
