Gambaran Pengetahuan Tentang Cara Menyikat Gigi Melalui Video Animasi Menggunakan Whatsapp Pada Siswa/I Kelas IX SMP N 36 Medan

Ainun, Lidya Nur (2024) Gambaran Pengetahuan Tentang Cara Menyikat Gigi Melalui Video Animasi Menggunakan Whatsapp Pada Siswa/I Kelas IX SMP N 36 Medan. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of cover] Text (cover)
KTI LIDYA NUR AINUNN COVER.pdf - Published Version

Download (493kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
KTI LIDYA NUR AINUNN BAB I.pdf - Published Version

Download (79kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
KTI LIDYA NUR AINUNN BAB II.pdf - Published Version

Download (104kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
KTI LIDYA NUR AINUNN BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
KTI LIDYA NUR AINUNN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
KTI LIDYA NUR AINUNN BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
KTI LIDYA NUR AINUNN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Menyikat gigi merupakan membersihkan gigi dari partikel makanan, plak, bakteri dan mengurangi ketidak nyamanan dari bau rasa yang tidak nyaman. Menyikat gigi merupakan untuk menghilangkan dan menghambat pembentukan plak, membersihkan gigi dari makanan, debris, dan pewarnaan menstimulasi jaringan gingiva, mengaplikasikan pasta gigi
yang berisi suatu bahan khusus yang di tujukan terhadap karies dan penyakit periodontal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan tentang cara menyikat gigi melalui video animasi menggunakan whatsapp pada siswa/i kelas IX SMP N 36 Medan. Jenis penelitian ini deskriptif dengan metode survei yang dilakukan dengan membagikan kuesioner dengan jumlah sampel 32 orang.
Hasil penelitian diperoleh pengetahuan kesehatan gigi dan mulut sebelum melalui video animasi menggunakan whatsapp, siswa yang memperoleh kategori baik adalah 15,7%, kategori sedang adalah 21,8% dan kategori buruk adalah 62,5%. Setelah dilakukan melalui video animasi pengetahuan siswa/i meningkat yaitu kategori baik 81,2%, kategori sedang 18,8% dan tidak ada yang kategori buruk.
Simpulan dan hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media video animasi dapat meningkatkan pengetahuan tentang cara menyikat gigi. Diharapkan agar pengetahuan yang dimiliki dapat ditingkatkan lagi guna menjaga kesehatan gigi dan mulut yang optimal.
Kata Kunci : Pengetahuan, Cara menyikat gigi, Media video animasi
Daftar Pustaka : 19 (2014 - 2023)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan/Prodi Kesehatan Gigi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Kesehatan Gigi
Depositing User: sikumbang ayu febrina
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:51
Last Modified: 17 Sep 2025 02:51
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3112

Actions (login required)

View Item
View Item