ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD Dr. HADRIANUS SINAGA KECAMATAN PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR

MANURUNG, VERONIKA (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD Dr. HADRIANUS SINAGA KECAMATAN PANGURURAN KABUPATEN SAMOSIR. Diploma thesis, Poltekes Kemenkes Medan.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
Cover KTI veronika.pdf - Published Version

Download (966kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of BAB II]
Preview
Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka-Lampiran veronika.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pasien adalah indikator yang penting untuk menilai kualitas layanan dan berpengaruh pada penyelenggaraan pelayanan yang lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Kecamatan Pangururan Kabupaten samosir.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah survey deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu Teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu.dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan kueisioner yang diberikan kepada responden secara langsung.
Hasil penelitian tentang analisis tingkat kepuasan pasien di RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir menunjukkan bahwa kategori tingkat kepuasan terbesar yaitu pada dimensi Jaminan sebanyak 83,09%, dimensi kehandalan sebanyak 81,76%, dimensi daya tanggap sebanyak 81,42%, dimensi empati sebanyak 78,19%, dimensi bukti fisik sebanyak 77,24%.
Hasil data dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan adalah puas dengan persentase sebanyak 80,34%.

Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Rumah Sakit

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi
Depositing User: Basariah Basariah Basariah
Date Deposited: 23 Sep 2025 07:54
Last Modified: 23 Sep 2025 07:54
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3335

Actions (login required)

View Item
View Item