RAMBE, NADIA (2025) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS LANGGA PAYUNG, KECAMATAN SUNGAI KANAN, KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.
COVER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Bab I Nadia .pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Bab II Nadia .pdf
Download (197kB) | Preview
Bab II Nadia .pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Bab III Nadia .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
bab 4 nadia.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (41kB)
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (6kB)
DAFTAR PUSTAKA NADIA RAMBE.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung
jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud
mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Kepuasan
pasien terhadap pelayanan kefarmasian menjadi indikator utama yang
mencerminkan sejauh mana pelayanan yang diterima sesuai dengan harapan dan
kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat
kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Langga Payung,
Kecamatan Sungai Kanan , Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan
adalah purposive sampling dengan menetapkan kriteria tertentu. Maka
Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin Adapun sampel yang di ambil
adalah sebanyak 90 pasien. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
penyebaran kuisioner dalam bentuk pernyataan Skala Likert. Analisis data yang
digunakan yaitu analisis univariat
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap
pelayanan Daya tanggap kefarmasian di Puskesmas Langga Payung
berdasarkan dimensi Ketanggapan sebesar 91,82%, dimensi Kehandalan sebesar
89,02%, dimensi jaminan sebesar 94,67%, dimensi empati sebesar 87,69% dan
dimensi bukti fisik sebesar 96,31%.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Langga Payung berdasarkan 5
dimensi adalah 91,9% dengan kategori sangat puas.
Kata kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
| Divisions: | Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi |
| Depositing User: | Basariah Basariah Basariah |
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:48 |
| Last Modified: | 07 Oct 2025 06:12 |
| URI: | https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3370 |
