GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS LANGGA PAYUNG, KECAMATAN SUNGAI KANAN, KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

RAMBE, NADIA (2025) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS LANGGA PAYUNG, KECAMATAN SUNGAI KANAN, KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of cover]
Preview
Text (cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I Nadia .pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of Bab II Nadia .pdf]
Preview
Text
Bab II Nadia .pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of BAB II]
Preview
Text (BAB II)
Bab II Nadia .pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III Nadia .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
bab 4 nadia.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA NADIA RAMBE.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung
jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud
mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Kepuasan
pasien terhadap pelayanan kefarmasian menjadi indikator utama yang
mencerminkan sejauh mana pelayanan yang diterima sesuai dengan harapan dan
kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat
kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Langga Payung,
Kecamatan Sungai Kanan , Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan
adalah purposive sampling dengan menetapkan kriteria tertentu. Maka
Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin Adapun sampel yang di ambil
adalah sebanyak 90 pasien. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
penyebaran kuisioner dalam bentuk pernyataan Skala Likert. Analisis data yang
digunakan yaitu analisis univariat
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap
pelayanan Daya tanggap kefarmasian di Puskesmas Langga Payung
berdasarkan dimensi Ketanggapan sebesar 91,82%, dimensi Kehandalan sebesar
89,02%, dimensi jaminan sebesar 94,67%, dimensi empati sebesar 87,69% dan
dimensi bukti fisik sebesar 96,31%.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien
terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Langga Payung berdasarkan 5
dimensi adalah 91,9% dengan kategori sangat puas.
Kata kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Jurusan/Prodi Farmasi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Farmasi
Depositing User: Basariah Basariah Basariah
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:48
Last Modified: 07 Oct 2025 06:12
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3370

Actions (login required)

View Item
View Item