Gambaran Penggunaan Media Scramble Dalam Edukasi Pencegahan Karies Gigi Pada Siswa/i Kelas III SD Swasta Namira Islamic School

Syahda, Syahirah (2025) Gambaran Penggunaan Media Scramble Dalam Edukasi Pencegahan Karies Gigi Pada Siswa/i Kelas III SD Swasta Namira Islamic School. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (23kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
3. BAB 2.pdf - Published Version

Download (316kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
4. BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
5. BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
6. BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
7. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of HASIL TURNITIN] Text (HASIL TURNITIN)
8. HASIL TURNITIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB)

Abstract

Karies gigi merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang umum terjadi pada anak-anak sekolah dasar dan dapat berdampak pada pertumbuhan serta kualitas hidup anak. Salah satu faktor penyebab utama adalah kurangnya pengetahuan anak mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan media scramble sebagai metode edukasi dalam upaya pencegahan karies gigi pada siswa/i kelas III SD Swasta Namira Islamic School. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan melibatkan 30 responden.
Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa persentase hasil pemeriksaan siswa/i tentang Gambaran Penggunaan Media Scramble Dalam Edukasi Pencegahan Karies Gigi Pada Siswa/i Kelas III SD Swasta Namira Islamic School, dapat disimpulkan bahwa sebelum dilakukan edukasi menggunakan Media Scramble, yang mendapat kategori baik sebanyak 6 orang (20%), mendapatkan kategori sedang sebanyak 19 orang (63,3%),
sedangkan kategori buruk 5 orang (16,6%). Dan setelah dilakukannya edukasi menggunakan Media Scramble pada siswa/i yang mendapat kategori baik sebanyak 19 orang (63,3%), mendapatkan kategori sedang sebanyak 11 orang (36,6%), sedangkan kategori buruk tidak ada (0%).
Hasi penelitian menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa sebelum edukasi hanya 20% siswa/i yang mendapat kategori baik,meningkat menjadi 63,3%. Maka dapat disimpulkan bahwa Edukasi pencegahan karies gigi dengan menggunakan media scramble efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap karies gigi
Kata Kunci: Karies gigi, edukasi kesehatan gigi, media scramble

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Jurusan/Prodi Kesehatan Gigi Kemenkes Poltekkes Medan > KTI Mahasiswa Jurusan D3 Kesehatan Gigi
Depositing User: mrs librarian terpadu
Date Deposited: 19 Sep 2025 09:08
Last Modified: 19 Sep 2025 09:08
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3246

Actions (login required)

View Item
View Item