Pengaruh Pemberian Buku Saku Dan Demonstrasi Motorik Halus Baduta Terhadap Pengetahuan Ibu Di Desa Tuntungan Ii Kabupaten Deli Serdang Tahun 2025

Aqilla, Afifah (2025) Pengaruh Pemberian Buku Saku Dan Demonstrasi Motorik Halus Baduta Terhadap Pengetahuan Ibu Di Desa Tuntungan Ii Kabupaten Deli Serdang Tahun 2025. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Medan.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
AFIFFAH COVER.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I AFIFAH.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of BAB II]
Preview
Text (BAB II)
BAB II AFIFAH.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III AFIFAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV AFIFAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V AFIFAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
DAPUS LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (980kB) | Preview
[thumbnail of HASIL TURNITIN] Text (HASIL TURNITIN)
TURNITIN CEK.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (875kB)

Abstract

Periode baduta (bawah dua tahun) merupakan masa emas perkembangan anak yang sangat dipengaruhi oleh stimulasi, khususnya dalam pengembangan motorik halus. Pengetahuan
ibu memiliki peran penting dalam memberikan stimulasi yang tepat kepada anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian buku saku dan demonstrasi motorik halus baduta terhadap peningkatan pengetahuan ibu di Desa Tuntungan II, Kabupaten Deli Serdang tahun 2025. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang
memiliki anak usia 0–24 bulan sebanyak 30 responden yang dipilih secara purposive sampling. Intervensi yang diberikan berupa buku saku berisi panduan stimulasi motorik halus dan kegiatan demonstrasi langsung. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah intervensi, lalu dianalisis menggunakan uji statistik Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan signifikan pengetahuan ibu setelah pemberian buku saku dan demonstrasi (p < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa metode edukasi kombinasi visual dan praktik langsung efektif dalam meningkatkan pemahaman
ibu mengenai stimulasi motorik halus pada baduta. Kesimpulannya, pemberian buku saku dan demonstrasi motorik halus berpengaruh positif terhadap peningkatan pengetahuan ibu. Diharapkan metode ini dapat diimplementasikan secara berkelanjutan dalam program edukasi kesehatan ibu dan anak di tingkat desa.
Kata kunci: motorik halus, baduta, pengetahuan ibu, buku saku, demonstrasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Jurusan/Prodi Kebidanan Kemenkes Poltekkes Medan > Jurusan Kebidanan Medan > Sripsi/LTA Mahasiswa Prodi D4 Kebidanan Medan
Depositing User: Miss Pranindita Dwi Fadhilah
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:34
Last Modified: 25 Sep 2025 07:34
URI: https://repository.poltekkes-medan.ac.id/id/eprint/3409

Actions (login required)

View Item
View Item